KAPD Kota Padang Sosialisasikan Perwako No. 50 Tahun 2015
Berita

KAPD Kota Padang Sosialisasikan Perwako No. 50 Tahun 2015

Publis : 15 November 2015

87x dibuka

Setelah sehari sebelumnya (12/11) diluncurkannya arsip berbasis web: arsip.padang.go.id, Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi (KAPD) Kota Padang mensosialisasikan Peraturan Walikota Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Arsip Statis Dilingkungan Pemerintah Kota Padang. Sosialisasi ini dihadiri lebih kurang 50 SKPD. Perwako ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan penyelamatan arsip statis Kota Padang baik yang beradi di kantor arsip sendri, maupun di masing-masing SKPD, masyarakat, perusahaan, dan organisasi.

Swesti Fanloni, Kepala KAPD Padang, menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah pemberitahuan kepada setiap SKPD tentang batasan ruang kerja dan tanggung jawab. Dimana jika timbul permasalahan yang membutuhkan arsip, maka jawaban terakhir disandarkan ke kantor arsip. Padahal, menurut Swesti, sesuai dengan UU No. 43/2009, selama tidak ada berita acara serah terima maka ada alasan bagi kantor arsip bahwa arsip itu masih di SKPD bersangkutan atau arsip itu hilang karena tidak ditemukan. Ditambahkan lagi, Perwako ini bertujuan untuk menjamin keselamatan arsip statis sebagai bukti kinerja penyelenggaraan pemerintahan, dan agar pengelolaannya dapat terlaksana secara konsisten, benar, memudahkan dalam penyimpanan dan cepat dalan penemuan temu balikny.

Arsip statis menurut UU No. 43/2009 tentang Kearsipan adalah arsip yag dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya, berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsipa Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan. Dalam hal ini KAPD Kota Padang adalah lembaga kearsipan di tingkat kabupaten/kota.

Swesti menambahkan, Perwako ini terdiri dari 11 bab, yaitu; Ketentuan Umum; Maksud dan Tujuan; Ruang Lingkup; Akuisisi Arsip Statis; Pengolahan Arsip Statis; Preservasi Arsip Statis; Akses dan Layanan Arsip Statis; Penyerahan Arsip Statis; Pembinaan atas Penyerahanan Arsip Statis; Pembiayaan; dan Ketentuan Penutup.

Untuk sementara, menjelang lahirnya Perda tentang kearsipan tahun 2016 nanti, maka Perwako ini adalah alternatif awal. Lebih dulu lahir anak dari pada induknya, kata Swesti. Hal ini sangat urgen sekali, sebab pertambahan arsip itu sangat tinggi dan berbanding terbalik dengan kesiapan kita mengelolanya. Jadi jika sedikit saja kita lengah dan mengabaikan maka kehilangan arsip bernilai itu bisa saja terjadi. Siapa tahu arsip yang telah kita karungkan ternyata terdapat satu lembar yang menyelamatkan kita dari kursi pesakitan. Atau misalnya, NKRI harus kehilangan pulau Sipadan dan Ligitan hanya karena Malaysia punya seberkas arsip abad 18 tentang bukti setoran pajak kepada Inggeris yang menguasai Malaysia waktu itu.

Mengakhiri sosialisasi tersebut, Swesti berharap disetiap SKPD memberikan perhatian lebih terhadap arsip. KAPD Kota Padang selalu membuka diri dalam konsultasi masalahan kearsipan, karena memang itulah salah satu tugasnya kantor ini. MR. Adaz

Admin :

Kontak & Alamat

Email : arsip@padang.go.id

Telp. / Fax. : +62751-811413

Alamat kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 1 Padang - Sumatera Barat