Kota Padang Pecah Rekor Sepasan Terpanjang Dunia Di Tahun 2013
Peristiwa

Kota Padang Pecah Rekor Sepasan Terpanjang Dunia Di Tahun 2013

Publis : 29 Maret 2016

95x dibuka

23 Agustus ditahun 2013 telah pecah rekor Sepasan terpanjang dunia di Kota Padang. Arak-arakan Sepasan yang digelar oleh Hok Tek Tong atau juga disebut Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang dalam rangka memperingati ulang tahun ke 150 himpunan tersebut melibatkan 1500 orang pengangkut tandu dan 4500 orang pendamping. Start dimulai dari jalan Batang Arau dan finish di jalan Bundo Kanduang, tepat di depan Hotel Axana kota Padang. Tercatat Sepasang ini memiliki panjang 243 meter dengan mengangkut 223 anak yang duduk diatas tandu.

Tim juri Guiness Book of Record Charim Valerio mengatakan, pihaknya melakukan penilaian ketat sebelum menjatuhkan rekor kepada HTT. Pawai yang juga sekaligus merayakan Cap Cap Go Meh 2013 ini, merupakan materi utama dalam kegiatan pawai budaya multikultur yang disajikan pengurus dan anggota perkumpulan yang sudah ada di Padang sejak tahun 1863 itu. Ada beberapa pawai lainnya, seperti barongsai, permainan naga, proses budaya gandang tasa, Mentawai, Sunda dan Jawa hingga karnaval busana Tionghoa, tempo dulu.

Saat dilepas oleh Pejabat Departemen Pariwisata dan Eko­nomor Kreatif juga tampak hadir Muspida Kota Padang dan juga Muspida Provinsi Sumatera Barat, dan tamu-tamu kehormatan lainnya. Tentu saja perhelatan ini mampu menyedot perhatian warga yang membanjiri sepanjang perjalanan. Begitu pihak Guiness Book of Record memastikan rekor dunia atas Sepasan itu, warna warni kembang api langsung memeriahkan acara di lokasi finish arak-arakan.

Admin :

Kontak & Alamat

Email : arsip@padang.go.id

Telp. / Fax. : +62751-811413

Alamat kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 1 Padang - Sumatera Barat