Kunjungan SD 32 Al Azhar Padang ke Galeri Arsip Statis Kota Padang
Berita

Kunjungan SD 32 Al Azhar Padang ke Galeri Arsip Statis Kota Padang

Publis : 26 November 2015

145x dibuka

Pengenalan arsip dan pentingnya arsip lebih baik dimulai dari sekarang. Mencintai arsip sejak kecil merupakan perencanaan sikap mental yang bertanggung jawab bagi si anak jika telah dewasa nanti. Hal inilah yang memotivasi SD 32 Al Azhar Padang datang berkunjung ke Galeri Arsip Statis (26/11). Kedatangan rombongan anak-anak SD Kelas 5 ini dipimpin oleh Desi Maria, S.Pd. (Wakasek Bid. Kesiswaan).

Rombongan disambut oleh Eri Dasli mewakili Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. Dalam sambutannya, Eri Dasli menyambut gembira kunjungan ke Galeri ini. Ini suatu pertanda bahwa arsip sudah mulai merasuk ke jiwa anak-anak dan pertanda pula bahwa regenerasi kearsipan akan selalu ada.

Kunjungan ini adalah yang pertama kalinya sejak diresmikan 20 Mei 2015. Bahkan perlu menjadi catatan khusus bahwa dengan kedatangan 80 orang siswa beserta gurunya ini keberadaan Galeri Arsip Statis Kota Padang sudah mulai dikenal dan di ketahui oleh lapisan masyarakat dan jenjang pendidikan.

Desi dalam sambutannya dengan maksud yang sama menambahkan, selama ini para siswa hanya mengenal sejarah melalu buku-buku pelajaran. Siswa melihat foto-foto lama hanya melalui media internet atau media cetak. Sekarang dengan telah melihat langsung maka kepada siswa diharapkan tumbuh sikap menghargai sejarah. Desi juga menegaskan, hasil dari kunjungan ini nantinya akan menjadi bahan diskusi serta tugas lain seperti menceritakan kembali apa itu arsip dan kenapa perlunya arsip.

Rombongan dibagi atas kelompok Soleh (Pria) dan Soleha (Perempuan). Masing-masingnya secara bergantian mengunjungi Ruang Perpustakaan dan galeri. Diruang Perpustakaan disambut langsung oleh Kasi Perpustakaan, M Husni Jon.

Sedangkan di ruang galeri sendiri, anak-anak ini diberikan pengetahuan dasar tentang arsip dan kearsipan oleh Pengelola Galeri, Marshalleh Adaz.

Acara kunjungan diakhiri dengan penyerahan cendera mata kepada M. Husni Jon mewakili kepala kantor. Sebuah pesan khusus dititipkan oleh Desi bahwa ini adalah permulaan yang baik. SD Al Azhar akan menjadikan kegiatan ini sebagai eskul sekolah demi memperkaya wawasan anak-anak. *

Admin :

Kontak & Alamat

Email : arsip@padang.go.id

Telp. / Fax. : +62751-811413

Alamat kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 1 Padang - Sumatera Barat